sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pilar kereta api cepat roboh, KCIC: Kontraktor lalai melaksanakan SOP

Kejadian itu berlangsung saat konstruksi pembongkaran pilar atau pier untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Asyifa Putri
Asyifa Putri Kamis, 09 Des 2021 12:47 WIB
Pilar kereta api cepat roboh, KCIC: Kontraktor lalai melaksanakan SOP

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menjelaskan, telah terjadi kesalahan pemasangan tiang dalam konstruksi proyek di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat. Di mana kesalahan tersebut menyebabkan pilar (pier) roboh dan menimpa eskavator proyek.

Presiden Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, kejadian itu berlangsung saat konstruksi pembongkaran pilar atau pier untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Namun, dari hasil investigasi perusahaan, proses pembongkaran itu dilakukan tanpa mengikuti standar operasi yang berlaku.

"Betul bahwa saat dilakukan pekerjaan rework pembongkaran pier, kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP, sehingga menyebabkan pier menimpa ekskavator yang digunakan," jelas Dwiyana dalam keterangan resmi.

Setelah kejadian tersebut, perusahaan langsung memanggil kontraktor dan memberi teguran langsung kepada kontraktor tersebut agar kejadian serupa tidak terulang. Di karenakan, hal ini tidak sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan tim engineering dan SSHE.

"PT KCIC tidak mentolerir adanya kesalahan konstruksi yang melebihi dari toleransi yang dipersyaratkan," lanjutnya.
Saat ini, perusahaan sudah memerintahkan tim engineering dan SSHE untuk melakukan investigasi lebih lanjut. Nantinya, hasil dari investigasi tersebut akan langsung dilaporkan ke Komisi Keamanan Jembatan, dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dan Komite Keselamatan Konstruksi (K2K) Kementerian PUPR.

"Kami akan langsung berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait dengan proyek KCJB untuk lebih memperhatikan keselamatan kerja dan melaksanakan SOP sebaik mungkin," ungkapnya.

Terkait dengan kecelakaan tersebut, Dwiyana memastikan tidak ada korban jiwa. Sementara itu, operator di tempat kejadian disebut berhasil menyelamatkan diri.

"Kejadian ini menjadi perhatian serius bagi kami. Investigasi mendalam langsung dilakukan dan tinggal menunggu hasilnya," tutup Dwiyana.

Sponsored

Seperti diketahui, viral video pada platform Instagram mengenai kecelakaan pada proses konstruksi merobohkan sebuah pilar proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang lokasinya di Karawang, Jawa Barat. Pada video tampak dua alat berat ekskavator tertimpa beton tiang kereta cepat yang sedang dihancurkan.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid