sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Prabowo ingin bikin patung Soekarno berkuda, Megawati tersenyum

Kementerian Pertahanan berencana membuat patung Bung Karno.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Jumat, 07 Feb 2020 19:05 WIB
Prabowo ingin bikin patung Soekarno berkuda, Megawati tersenyum
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 25773
Dirawat 17185
Meninggal 1573
Sembuh 7015

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memuji langkah TNI Angkatan Darat membuat patung Bung Karno sekaligus Presiden RI Pertama, terletak di hall utama Kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/8).

"Saya mengapresiasi, memberikan penghargaan kepada Gubernur Akmil, KSAD (Jenderal Andika Perkasa) yang merintis itu," kata Prabowo di kompleks Akmil Magelang, Jawa Tengah.

Dia mengungkapkan akan membuat patung Bung Karno dengan posisi sedang menunggang kuda. "Saya juga sampaikan, Kementerian Pertahanan juga punya rencana membikin patung Bung Karno tetapi di atas kuda," ujar Prabowo.

Mantan capres rival Jokowi pada Pilres 2019 itu lantas mengungkap kenapa di atas kuda. "Ini penting. Karena ulang tahun angkatan perang pertama, berarti ulang tahun TNI yang pertama. Itu Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi inspeksi pasukan. Menjadi irup di atas kuda. Jadi, ini fakta sejarah yang ingin kita abadikan untuk generasi penerus," jelas mantan Danjen Kopassus ini.

Dia pun lantas meminta izin kepada Megawati di sampingnya, yang juga meresmikan patung Proklamator di hall utama Kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang itu.

"Ya, nanti Kemhan akan punya patung Bung Karno di atas kuda. Izin Bu. Ada sejarah Bu," kata Prabowo.

Megawati pun tersenyum, kemudian membenarkan ucapan Prabowo terkait itu memang sesuai dengan sejarah. "Iya betul," balas Presiden ke-5 RI itu.

Saat ditanya media kapan akan melaksanakannya? Prabowo mengatakan, "Secepatnya dibuat patungnya," pungkas Prabowo.

Sponsored

Hadir pula dalam peresmian patung Bung Karno itu, Ketua DPR RI Puan Maharani, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Selain itu, Irjen TNI M Herindra, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel serta mantan Kepala BIN AM Hendropriyono. (Ant)

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 16:49 WIB
Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Kamis, 28 Mei 2020 17:45 WIB
Berita Lainnya