sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pras ingatkan Anies, banjir bisa jadi klaster baru Covid-19

Penularan Covid-19 saat banjir sangat rentan. Yakni, melalui interaksi selama evakuasi pengungsi dan kondisi MCK umum.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 28 Sep 2020 15:40 WIB
Pras ingatkan Anies, banjir bisa jadi klaster baru Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Jakarta mulai mamasuki musim hujan. Bahkan, Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan deras akan terus terjadi hingga tiga hari ke depan. 

Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi meminta Gubernur Jakarta, Anies Baswedan mengantisipasi banjir sejak jauh-jauh hari. Pasalnya, banjir sangat rentan terhadap penularan Covid-19 di Jakarta. 

"Penularan Covid-19 saat banjir akan sangat rentan. Lewat interaksi manusia selama evakuasi, pengungsian, hingga kondisi MCK umum," kata Pras di Jakarta, Senin (28/9).

Politikus PDIP itu menjelaskan, dari 82 daerah rawan banjir di Jakarta, ada tujuh kelurahan yang masih masuk dalam status zona merah Covid-19. Kata dia, lokasi itu tentu saja jadi sangat rentan dan berisiko tinggi menjadi klaster baru penularan coronavirus.

Sponsored

"Tujuh kelurahan masih berstatus zona merah Covid-19, yakni Pegangsaan Dua, Kebon Baru, Bukit Duri, Kalibata, Rawajati, Pademangan, Petamburan," ujarnya.

Pras menilai, Anies Baswedan selalu lambat dalam penanganan masalah banjir di ibu kota. Sebab, kejadian banjir yang terjadi beberapa waktu lalu menjadi salah satu bukti bahwa Anies tak siap.

Berita Lainnya