logo alinea.id logo alinea.id

Promo merdeka, tiket eksekutif kereta mulai 17 ribu

PT KAI (Persero) menyediakan total 11.956 kursi untuk Promo Merdeka yang tersebar di 20 KA pada wilayah kerja Sumatra dan Jawa.

Purnama Ayu Rizky
Purnama Ayu Rizky Sabtu, 11 Agst 2018 09:20 WIB
Promo merdeka, tiket eksekutif kereta mulai 17 ribu

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan program bertema "Promo Merdeka" untuk menyemarakkan HUT ke-73 Indonesia.

"Proram Promo Merdeka ini juga untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api," ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Jumat (10/8).

Menurut dia, tarif promo tersebut diberlakukan pada kereta komersial jarak jauh dan menengah kelas ekonomi, bisnis, dan ekskutif untuk keberangkatan tanggal 13, 14, 15, 27, 28, 29, dan 30 Agustus 2018.

Adapun daftar KA Promo yang berangkat dari Daop 7 maupun yang melintas di Daop 7 Madiun adalah KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen kelas ekonomi dengan tarif Rp73.000 dan jumlah tempat duduk sebanyak 17 kursi.

Kemudian KA Malioboro Ekspres relasi Yogyakarta-Malang kelas ekskutif dengan tarif Rp73.000 dan tempat duduk sebanyak 10 kursi. Untuk KA Malioboro Ekspres kelas ekonomi dibanderol dengan tarif Rp73.000 khusus 17 kursi.

Senada dengan Daop Madiun, di Daop Tanjungkarang juga memberlakukan diskon serupa. Manager Humas PT KAI setempat Sapto Hartoyo, di Lampung, Jumat (10/8) menyebut, wilayahnya menyediakan 34 kursi per hari untuk KA Sriwijaya relasi Tanjungkarang-Kertapati dengan tarif spesial Rp17.000. Perinciannya, 17 kursi untuk kelas eksekutif dan 17 kursi kelas bisnis. Artinya, selama tujuh hari masa promo, Divre IV menyediakan total 238 kursi dengan tarif spesial tersebut.

Secara nasional PT KAI (Persero) menyediakan total 11.956 kursi untuk Promo Merdeka yang tersebar di 20 KA pada wilayah kerja Sumatra dan Jawa.

Untuk wilayah kerja Jawa di antaranya berlaku di KA Argo Anggrek, KA Purwojaya, KA Cirebon Express, KA Argojati, KA Tegal Bahari, KA Argo Sindoro, KA Argo Lawu, KA Harina, KA Lodaya, KA Ciremai, KA Singasari, KA Gumarang, KA Tawangjaya, KA Fajar Utama Yogya, KA Sawunggalih, KA Malioboro Express, dan KA Mutiara Timur.

Sementara wilayah kerja Sumatra, di antaranya berlaku pada KA Sindang Marga, KA Sriwijaya, dan KA Sribilah.

Ixfan menambahkan, terdapat sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku untuk memperoleh Program Promo Merdeka tersebut. Di antaranya, pemesanan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI "Access". Pemesanan tiket promo ini, imbuhnya, hanya dapat dilayani selama tempat duduk masih tersedia. Terakhir, tarif promo juga tidak berlaku parsial serta tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya. Jika penumpang ingin mengakukan perubahan dan pembatalan jadwal, maka PT KAI tetap memberikan pelayanan.

Ketetapan tarif promo ini diberlakukan untuk penjualan atau pemesanan tiket mulai 12 Agustus 2018 pukul 00.01 dini hari.

"Program promo juga merupakan bentuk apresiasi KAI terhadap pelanggan setia kereta api. Jadi, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan promo tersebut untuk bepergian menggunakan moda transportasi KA," kata dia.

Sponsored

Sumber: Antara