logo alinea.id logo alinea.id

Risma pantau TPS yang direlokasi

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memantau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang direlokasi ke lokasi lain.

Satriani Ariwulan
Satriani Ariwulan Rabu, 27 Jun 2018 12:15 WIB
Risma pantau TPS yang direlokasi

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memantau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang direlokasi ke lokasi lain menyusul adanya telegram dari Kepala Staf TNI AL (Kasal) yang melarang pendirian TPS menggunakan fasilitas TNI AL sebagai bentuk netralitas.

"Saya pantau TPS. Saya nunggu laporan. Nanti kita lihat," kata Risma usai menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001, RW 06, Kelurahan Jajartunggal, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Rabu.

Diketahui ada 19 TPS yang direlokasi di enam kecamatan meliputi Kecamatan Kenjeran, Semampir, Dukuh Pakis, Karang Pilang, Bulak dan Sukolilo. TPS tersebut direlokasi di lokasi terdekat.

Adapun perincian TPS direlokasi yakni TPS 15 dan 16 berada di Kelurahan Bulak Banteng, Kecamatan Kenjeran. TPS 1, 2, 50 dan 51 Jalan Balang Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir. TPS 1 Jalan Golf No 1 (RW 4) di Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Dukuh Pakis. TPS 1, 3 dan 4 di Kelurahan Karang Pilang, Kecamatan Karangpilang. Selain itu, TPS 7, 8, 9, 10, 11, 12 dan 13 di Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak. TPS 12 Kelurahan Medokan Semampir dan TPS 9 Semolowaru, keduanya masuk Kecamatan Sukolilo.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser mengatakan salah satu TPS yang dikunjungi wali kota berada di TPS 1, 3 dan 4 Kelurahan/Kecamatan Karang Pilang. "Ibu Risma ingin melihat kondisi TPS di Karang Pilang yang direlokasi itu," katanya, dilansir Antara.

Untuk TPS 1 lokasi sebelum direlokasi berada di Jalan Senoputra atau jalan arah Kompleks Marinir, sedangkan lokasi baru di Gang Cempaka 2, RT 01, RW 01, TPS 3 lokasi lama SMP Hang Tua II di kompleks Marinir direlokasi ke TK Kartini Jalan Kesatria No.10 dan TPS 4 lokasi lama di Jalan Balai RW 04 kompleks Marinir direlokasi ke TK Kartini Jalan Kesatria No. 10.

Ketua Panwaslu Surabaya Hadi Margo sebelumnya mengatakan pihaknya sudah berkordinasi dengan KPU mengenai lokasi baru untuk TPS yang direlokasi itu. "Solusinya pindah ke lokasi terdekat," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya sudah meminta KPU Surabaya untuk mensosialisasikan secepatnya pergantian TPS tersebut ke masyarakat atau pemilih di tempat tersebut serta ke media yang ada di Surabaya.

Sponsored