sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat hari ini

Indonesia kini memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Natasya
Natasya Kamis, 09 Sep 2021 06:46 WIB
Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat hari ini

Beberapa wilayah di Indonesia kini memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Karenanya, menurut prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Andi Mario, berpotensi terjadi hujan lebat di sejumlah daerah pada hari ini (Kamis, 9/9).

“Wilayah Pulau Sumatra dari wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan perlu mewaspadai adanya potensi hujan dengan intensitas yang lebat yang dapat disertai dengan kilat, petir, dan angin kencang," ucapnya melalui kanal YouTube infoBMKG, Rabu (8/9).

Sementara itu, masyarakat yang tinggal di wilayah Riau dan Lampung juga perlu mewaspadai adanya potensi hujan. Namun, intensitasnya tergolong sedang dan disertai petir, kilat, dan angin kencang.

Hujan dengan intensitas sedang yang disertai kilat, petir, dan angin kencang juga berpotensi melanda Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Pun demikian dengan wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sponsored

Adapun Pulau Borneo diperkirakan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebat. “Wilayah Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” jelas Andi.

Sedangkan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah berpotensi mengalami hujan berintensitas sedang. Namun, tetap bisa disertai dengan kilat, angin kencang, dan petir.

Selanjutnya di Pulau Sulawesi kecuali  Sulawesi Selatan berpotensi mengalami hujan berintensitas lebat. Tren serupa diprakirakan turut melanda Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Berita Lainnya

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB

, : WIB

, : WIB

, : WIB
×
tekid