sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sekda Riau SF Hariyanto cuma senyum usai klarifikasi LHKPN

Ia memberikan keterangan terkait harta kekayaannya selama kurang lebih 3,5 jam di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (22/5).

Gempita Surya
Gempita Surya Senin, 22 Mei 2023 13:29 WIB
Sekda Riau SF Hariyanto cuma senyum usai klarifikasi LHKPN

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto, rampung menjalani klarifikasi kedua atas laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya. Ia memberikan keterangan terkait harta kekayaannya selama kurang lebih 3,5 jam di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (22/5).

Usai kel uar dari ruang klarifikasi, Hariyanto terlebih dahulu menyambangi meja resepsionis untuk menukarkan kartu identitas. Saat hendak ke luar dari lobi, Hariyanto tampak melepas masker berwarna putih yang menutupi wajahnya.

Meski demikian, Hariyanto tidak merespons satu pun pertanyaan awak media perihal keterangan yang disampaikannya pada klarifikasi kali ini.

Sekda Riau itu hanya melemparkan senyum ke arah wartawan sepanjang langkahnya keluar dari Gedung Merah Putih KPK. Tanpa mengucap sepatah kata pun, Hariyanto kemudian meninggalkan KPK dengan mobil Toyota Camry hitam berpelat B 272 MAH yang menjemputnya.

SF Hariyanto sebelumnya telah menjalani klarifikasi pertama atas harta kekayaannya pada 6 April 2023. Saat itu, ia diperiksa sekitar 6 jam 30 menit.

Saat dicecar tentang klarifikasi harta kekayaan yang dilakoninya, Hariyanto mengaku telah menyampaikan seluruh keterangan yang dibutuhkan oleh tim Direktorat LHKPN.

"Saya sudah sampaikan seluruhnya. Apa yang diminta, yang diperlukan, sudah saya siapkan semuanya," kata Hariyanto kepada awak media, 6 April 2023.

Hariyanto juga tak menanggapi perihal klaim dirinya yang menyatakan tas milik istrinya adalah tiruan (KW). Begitu pun dengan pesta anaknya yang diklaim digelar di sebuah toko bernama Ritz Carlton. 

Sponsored

"Bohong-bohongi apa? Sudah saya jawab, tanya ke dalam saja," ujar dia.

Nama SF Hariyanto jadi sorotan usai istrinya ketahuan kerap pamer tas mewah dan momen-momen liburan ke luar negeri melalui unggahan di media sosial. Selain itu, SF Hariyanto juga disorot lantaran pesta ulang tahun putrinya yang digelar secara mewah di Hotel Ritz Carlton.

Ia pun memberikan pernyataan bahwa tas yang dikenakan istrinya adalah tiruan (KW) dan menyebut pesta anaknya dilakukan di sebuah toko bernama Ritz Carlton.

Berdasarkan LHKPN yang disampaikan kepada KPK, Hariyanto tercatat memiliki kekayaan senilai Rp9,7 miliar. Harta Hariyanto terdiri dari sembilan bidang tanah dan bangunan senilai Rp8,5 miliar.

Kemudian, ada kepemilikan alat transportasi berupa tiga unit mobil dan satu sepeda motor senilai Rp845,75 juta, harta bergerak lainnya Rp216,25 juta, serta kas dan setara kas Rp154 juta.
 

Berita Lainnya
×
tekid