sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Siswi yang hina Palestina tidak dikeluarkan dari sekolah

KPAI apresiasi Pemprov Bengkulu dan Polres Bengkulu Tengah tidak membawa kasus ini ke pengadilan.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Senin, 24 Mei 2021 07:10 WIB
Siswi yang hina Palestina tidak dikeluarkan dari sekolah

Siswi SMA berinisial MS di Kabupaten Bengkulu yang menghina Palestina dalam video Tiktok tidak jadi dikeluarkan dari sekolah. Orang tua MS hanya diminta untuk membina, menyadari atas kesalahan anaknya.

Selama proses dikembalikan ke orang tua, MS dijamin tetap mendapat pembelajaran dan ujian kenaikan kelas secara daring. "Mungkin sanksi MS dikembalikan ke orang tua mirip dengan istilah skorsing," ujar Komisioner bidang pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti dalam keterangan tertulis, Senin (24/5).

Retno menegaskan, MS masih masih menjadi siswi SMA I Kabupaten Bengkulu Tengah. Namun, jika ingin pindah sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu akan membantunya.

"Mutasi ada waktunya, yaitu pada Januari-Februari dan Juli-Agustus, karena ini bulan Mei, maka seharusnya tidak diperkenankan adanya mutasi peserta didik," tutur Retno.

Sponsored

Di sisi lain, KPAI mengapresiasi Pemprov Bengkulu dan Polres Bengkulu Tengah yang tidak membawa kasus berpotensi melanggar UU ITE ini ke pengadilan. 

KPAI mendorong, UPTD P2TP2A Provinsi Bengkulu membantu rehabilitasi psikologis bagi MS dan sekolah menghentikan pembully-an yang dialami MS. "MS sudah semestinya diberi kesempatan untuk memperbaiki diri dari kesalahan yang pernah diperbuatnya," ucapnya.

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya