sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Stop pencurian paket data gratis belajar dari rumah

Kuota gratis yang seharusnya hanya dapat digunakan untuk platform eLearning, dapat dimodifikasi jadi kuota harian untuk mengakses aplikasi.

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Rabu, 18 Mar 2020 17:09 WIB
Stop pencurian paket data gratis belajar dari rumah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

Pandemi Covid-19 atau virus Corona baru di Indonesia pada akhirnya membuat pemerintah terpaksa mengimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga sudah meminta agar rakyat beribadah dari rumah dan menghindari kerumuman untuk mengurangi potensi penyeberan virus tersebut.

Sementara itu, sekolah-sekolah sudah meliburkan diri. Kalaupun ada kegiatan belajar-mengajar, sebagian besar dilakukan lewat online. Kepada semua pihak yang memberi kontribusi positif atas kondisi saat ini tentu patut diapresiasi. Dalam sektor pendidikan, misalnya, aplikasi bidang pendidikan seperti Ruang Guru, Quipper, Zenius, Cakap dan Bahaso, menawarkan materi gratis yang bisa diakses tanpa biaya.

Akses terhadap aplikasi-aplikasi tersebut kian mudah pula berkat dukungan operator telekomunikasi. Operator terbesar di Tanah Air, Telkomsel, seperti mereka umumkan pada awal pekan ini, memberikan kuota 30GB untuk mengakses platform belajar online tersebut. Semuanya gratis.

Demikian juga dengan XL Axiata yang memberikan gratis 2GB/hari untuk mengakses ke sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah, mulai tanggal 18-31 Maret 2020. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud mencakup Udemy, Ruang Guru, dan Zenius untuk para pelajar atau mahasiswa.

Sayang sekali, di tengah situasi memprihatinkan sekarang, ada saja oknum yang memanfaatkan situasi demi keuntungan pribadi. Sejak kemarin, sudah banyak oknum yang membagikan tutorial di internet mengenai cara mencuri kuota 30GB untuk akses aplikasi eLearning menjadi kuota data reguler. Artinya, kuota gratis yang seharusnya hanya dapat digunakan untuk platform eLearning, dapat dimodifikasi menjadi kuota harian untuk mengakses aplikasi lainnya.

Tindakan semacam ini tentu saja berpotensi merugikan jutaan siswa pengguna aplikasi belajar yang sungguh-sungguh memiliki niat untuk belajar. Lebih jauh lagi, perbuatan tersebut tidak sejalan dengan imbauan pemerintah yang mengajak masyarakat untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah.

Untuk diketahui, kuota gratis 30GB untuk aplikasi ruang guru dan beberapa eLearning lainnya sudah bisa digunakan mulai hari ini. Keberadaan paket ini sangat relevan dengan kebutuhan pelajar. Sebagai informasi, aplikasi Ruang Guru saat ini menduduki posisi nomor 1 di App Store dan Play Store. Berdasarkan keterangan resmi Ruang Guru, aplikasi tersebut dimanfaatkan 1 juta lebih pengguna, sehari setelah berlakunya Belajar dari Rumah.

Jika tak bisa berkontribusi apa-apa, setidaknya kita tak memperburuk situasi prihatin seperti sekarang. Apalagi, mengajari dan menganjurkan orang lain untuk mencuri.

Sponsored
Berita Lainnya