logo alinea.id logo alinea.id

Tetapkan 441 tersangka, polisi segera ungkap peran perusuh 22 Mei

Polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap 441 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 24 Mei 2019 22:11 WIB
Tetapkan 441 tersangka, polisi segera ungkap peran perusuh 22 Mei

Polisi telah menangkap 441 orang terkait kerusuhan pada aksi 21 dan 22 Mei. Ratusan orang tersebut juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, 441 orang tersebut tengah menjalani proses pemeriksaan. Menurutnya polisi akan menyelesaikan pemeriksaan untuk memilah peranan masing-masing orang hari ini.

"Saat ini sudah 441 pelaku perusuh masih dalam proses pemeriksaan. Dipilah-pilah siapa yang sebagai pelaku lapangan, operator, dan aktor intelektual dibalik kerusuhan tersebut," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/5).

Menurut Dedi, sebagian besar dari tersangka merupakan preman Tanah Abang. Kendati demikian, Dedi masih belum dapat memastikan asal kelompok preman Tanah Abang yang dimaksud.

Sponsored

Para preman tersebut diduga menerima bayaran untuk melakukan aksi rusuh tersebut. Adapun perusuh lain yang berasal dari luar Jakarta, juga diduga menerima bayaran dari seseorang. 

"Betul preman Tanah Abang yang dibayar Rp300 ribu per hari. Sekali datang dikasih duit," kata Dedi.

Dia mengatakan, petugas akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyandang dana kerusuhan 22 Mei. Kapolri Jenderal Tito Karnavian pun telah membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas kerusuhan yang terjadi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Petamburan, Slipi, Tanah Abang, dan Gambir.

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Rabu, 17 Jul 2019 20:50 WIB
Jalan sunyi seorang perias jenazah

Jalan sunyi seorang perias jenazah

Selasa, 16 Jul 2019 18:23 WIB