sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tjahjo larang pegawai Kemenpan-RB gunakan cadar

Tapi, Tjahjo tidak melarang penggunaan celana cingkrang bagi pegawai Kemenpan-RB.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Senin, 04 Nov 2019 17:23 WIB
Tjahjo larang pegawai Kemenpan-RB gunakan cadar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo bakal melarang penggunaan cadar bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenpan-RB. Namun, Tjahjo tidak akan melarang penggunaan celana cingkrang.

"Kalau di saya (Kemenpan-RB) wajib jangan pakai cadar. Begitu ke luar kantor mau pakai cadar silakan, dia sebagai warga negara, bebas," kata Tjahjo seusai menghadiri acara penilaian AKIP dan Reformasi Birokrasi (RB) Pemda DIY dan Pemkab/Kota se-DIY di Gedong Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Menurut Tjahjo, memakai berbagai macam busana, termasuk menggunakan cadar, merupakan hak setiap warga negara. Namun demikian, para pegawai pemerintah tentu harus mengikuti aturan yang berlaku di lingkungan kantor mereka.

"Kalau Kemenpan-RB ada seragam putih. Kalau hari-hari nasional pakai korpri, ada baju yang lain. Hanya, kalau di kantor bagi saya, ya, jangan pakai cadar dong. Kalau pakai cadar, ya, di luar kantor silakan," kata dia.

Sebelumnya, rencana pelarangan penggunaan cadar di instansi pemerintahan dilontarkan oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Menurut Tjahjo, wacana itu dimaksudkan Fachrul untuk menata dan merapikan lingkungan Kemenag.

"Bagaimana saya mau ketemu Anda, Anda pakai cadar. Muslim silakan pakai jilbab enggak ada masalah. Mau jilbab masuk ke dalam (kerah baju), mau jilbab yang menutup (dada) itu hak-hak masing-masing. Mau pakai peci silakan. Tapi, kalau pakai cadar bagaimana mau melihatnya," kata dia.

Setiap kementerian dan lembaga, menurut Tjahjo, memiliki aturan masing-masing terkait tata cara berbusana bagi pegawainya. "Tidak ada imbauan. Masing-masing kepala daerah, kepala instansi punya kewenangan untuk mengatur," kata dia.

Terkait pelarangan memakai celana cingkrang bagi ASN seperti yang direncanakan Menag, menurut Tjahjo, belum ada aturan itu di Kemenpan-RB. "Kalau (melarang) celana cingkrang, kita tidak mengarah ke sana," kata dia. (Ant)

Sponsored

 

Berita Lainnya