sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kendati menang, Paraguay belum pasti lolos ke Piala Dunia

Paraguay di posisi keenam peringkat CONMEBOL untuk Piala Dunia 2022, di bawah Kolombia yang menempati posisi kelima dengan 13 poin.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Jumat, 10 Sep 2021 09:19 WIB
Kendati menang, Paraguay belum pasti lolos ke Piala Dunia

Timnas Paraguay berhasil menundukkan Venezuela dalam laga kualifikasi Amerika Selatan (CONMEBOL) Piala Dunia FIFA 2022 di Stadion Defensores del Chaco, Asunción, Paraguay pada Kamis (9/9), pukul 20.06 waktu setempat. Namun, kemenangan ini belum cukup untuk memastikan posisi Los Guaranies dalam kejuaraan sepak bola paling prestisius sedunia tersebut.

Gol timnas Paraguay tercipta cukup dini dalam pertandingan tersebut. Bek tengah Paraguay David Martinez berhasil membobol gawang jagaan Wuilker Farinez setelah tendangan dari Hector Martinez diterimanya melalui bantuan Angel Romero. Selama beberapa menit pertama pertandingan, Venezuela lebih banyak bermain defensif. Gelandang tengah Paraguay, Kaku tercatat diberikan kesempatan tendangan bebas pada menit ke-15. Pertahanan Venezuela dapat terbilang cukup kuat dalam pertandingan ini. La Vinotinto berhasil mencegah Paraguay membobol gawangnya lagi hingga babak kedua pertandingan.

Strategi timnas Venezuela mulai berubah pada menit ke-20 pertandingan, ketika penyerang tengah Jan Carlos Hurtado memenangkan kesempatan free kick dalam posisi menyerang. Pada menit yang sama pula, bek tengah Paraguay Junior Alonso mendapatkan kartu kuning akibat pelanggaran dari wasit Roberto Tobar. Kedua tim kemudian berfokus mempertahankan sisi masing-masing hingga babak pertama berakhir di menit ke-2 penalti babak pertama. Posisi Paraguay unggul terhadap Venezuela 1-0.

Memasuki babak kedua, Paraguay rupanya bertekad mengulangi kesuksesannya kembali di babak pertama dengan lebih cepat. Satu menit sesudah babak kedua dimulai, gelandang tengah Paraguay, Kaku mencetak gol dengan membuat posisi Paraguay semakin unggul terhadap Venezuela 2-0. Namun, tidak ada gading yang tak retak. Keberhasilan Kaku harus diikuti dengan kartu kuning kedua karena pelanggaran Fabian Balbuena.

Venezuela juga mendapatkan kartu kuning karena pelanggaran Oscar Gonzalez pada menit ke-9 babak kedua. Menjelang berakhirnya babak kedua, Venezuela berakhir meraih poin pertama mereka dalam pertandingan dengan gol oleh bek tengah Jhon Chancellor. Sayangnya, hanya itu satu-satunya skor Venezuela dalam laga ini. Pertandingan berakhir pada menit ke-6 penalti babak kedua tanpa skor tambahan dari kedua tim. Paraguay unggul 2-1 atas Venezuela.

Sayangnya, kemenangan Paraguay ini belum cukup untuk menjamin keikutsertaannya dalam babak final Piala Dunia FIFA 2022 yang akan dilaksanakan pada 21 November-18 Desember 2022 di Qatar. Berdasarkan peringkat CONMEBOL terbaru, Paraguay tercatat turun dua poin dengan total 11 poin. Ini menempatkan mereka di posisi keenam peringkat CONMEBOL untuk Piala Dunia 2022, di bawah Kolombia yang menempati posisi kelima dengan 13 poin.

Saat ini, Brasil tercatat sebagai timnas dengan skor tertinggi di peringkat CONMEBOL untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan 25 poin. Posisi kedua ditempati oleh Argentina dengan 19 poin. Posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Uruguay dan Ekuador, masing-masing dengan 15 dan 13 poin.

Situs resmi Piala Dunia FIFA 2022 menjadwalkan Paraguay untuk bertanding selanjutnya melawan Argentina pada Kamis (7/10). Jika Paraguay berhasil menundukkan raksasa sepak bola Amerika Selatan ini, apakah kita akan melihat tim asuhan Eduardo Berizzo ini tampil kembali untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan?

Sponsored

 

Sumber: Transfermarkt, FIFA.com, dan ESPN

Berita Lainnya