sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Argentina bantai Bolivia 3-0

Ini merupakan kemenangan terbesar Argentina dalam babak kualifikasi per grup CONMEBOL Piala Dunia FIFA 2022.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Jumat, 10 Sep 2021 12:38 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2022: Argentina bantai Bolivia 3-0

Timnas Argentina membantai timnas Bolivia dengan skor 3-0 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk CONMEBOL yang dihelat di Stadion Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, Argentina pada Kamis (9/9) pukul 22.00 waktu setempat.

Ini merupakan kemenangan terbesar Argentina dalam babak kualifikasi per grup CONMEBOL Piala Dunia FIFA 2022 yang dihelat sejak Jumat, 9 Oktober 2020.

Gol pertama pertandingan tercipta pada menit ke-14, ketika Lionel Messi sang kapten membobol gawang La Verde dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bolivia mencoba untuk melakukan serangan terhadap sisi Argentina. Namun, usaha Jesus Sagredo menembuskan bola digagalkan offside oleh Marcelo Moreno Martins.

Sepanjang pertandingan selanjutnya, skuat pimpinan Juan Carlos Arce tersebut mencoba menembus pertahanan La Albiceleste tetapi selalu digagalkan. Sialnya, Luis Haquin sang bek tengah Bolivia mendapat kartu kuning pada menit ke-23 karena pelanggaran.

Bolivia kembali mendapatkan kartu kuning dari wasit Kevin Ortega pada menit-31, kali ini untuk pelanggaran sang gelandang tengah Moises Villarroel. Namun, pertahanan Bolivia selama sisa babak pertama dapat dikatakan cukup baik. Timnas lawan besutan Lionel Scaloni tidak berhasil mencetak gol sampai menit ke-19 babak kedua. Lagi-lagi oleh sang kapten Lionel Messi, kali ini dengan kaki kanannya. Namun, sekali lagi tidak ada gading yang tak retak. Percobaan memberikan umpan terobosan oleh gelandang tengah Argentina Rodrigo de Paul berakhir dengan kegagalan offside oleh Messi pada menit ke-73 pertandingan.

Bolivia kembali mendapatkan kartu kuning enam menit kemudian, kali ini untuk Ramiro Vaca. Pada menit ke-84 pertandingan, Marcelo Moreno Martins mencoba melakukan tembakan kepala dari tengah kotak penalti, tetapi digagalkan meski sudah dibantu oleh Ramiro Vaca. Empat menit kemudian, Messi sang kapten Argentina melakukan hattrick dengan gol ketiganya ke gawang jagaan Carlos Lampe.

Gol tersebut juga sekaligus menjadi gol terakhir dalam pertandingan ini. Penyerang Argentina Joaquin Correa mencoba mencetak gol lagi dari luar kotak penalti dibantu oleh Exequiel Palacios. Namun, percobaan pada menit ke-2 penalti babak kedua tersebut berhasil digagalkan timnas Bolivia. Bolivia melakukan gerakan terakhir dengan free kick oleh Adrian Jusino pada menit ke-3 penalti babak kedua dalam posisi bertahan. Satu menit kemudian, pertandingan berakhir dengan skor 3-0 antara Argentina dan Bolivia.

Bagi Argentina, minggu ini berakhir dengan keberhasilan mereka untuk bertahan di posisi kedua peringkat CONMEBOL kualifikasi Piala Dunia 2022. Argentina tercatat dengan 18 poin di belakang sang pemimpin Brasil dengan 24 poin berdasarkan data terbaru di Transfermarkt. Kemenangan ini juga menempatkan Messi sendiri di peringkat ketiga pencetak gol terbaik dalam kualifikasi Piala Dunia untuk Amerika Selatan kali ini, dengan total lima gol di belakang Marcelo Moreno Martins dari Bolivia dengan delapan gol dan Neymar dari Brasil dengan lima gol.

Sponsored

Sejak dimulainya pada 1930, Piala Dunia FIFA baru menyaksikan empat kali timnas Argentina tidak bertanding di babak final, yaitu pada 1938 di Prancis, 1950 di Brasil, 1954 di Swiss, dan 1970 di Meksiko. Pencapaian terbesar mereka datang pada 1986 ketika Argentina menjuarai Piala Dunia tersebut di rumah sendiri. Pada Piala Dunia terakhir di Rusia pada 2018, Argentina sayangnya harus tersingkir di babak 16 besar. 

Dengan akan digelarnya kembali Piala Dunia pada 2022 di Qatar, apakah kita akan melihat kembali kejayaan La Albiceleste?

Berita Lainnya