logo alinea.id logo alinea.id

Cara kenali para caleg untuk WNI di luar negeri

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di luar negeri, kenali calon-calon anggota legislatif yang bisa dipilih.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Senin, 11 Mar 2019 22:51 WIB
Cara kenali para caleg untuk WNI di luar negeri

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di luar negeri, kenali calon-calon anggota legislatif yang bisa dipilih pada Pemilu 2019.

Untuk mengenali para caleg, Diaspora Indonesia memperkenalkan platform laman www.calegdiaspora.org yang bisa diakses. Tujuannya, agar pemilih di luar negeri mengenal calon legislatornya yang berasal dari daerah pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri.

"Platform www.calegdiaspora.org ini merupakan satu-satunya platform yang menyediakan ruang perkenalan (meeting point) secara global antara Diaspora Indonesia dengan calegnya," kata Penggagas Kongres Diaspora Indonesia Dino Pati Djalal di Media Center KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/3).

Menurut dia, melalui program Know Your Caleg ini, para caleg diberikan peluang yang sama untuk beradu konsep di panggung diaspora secara adil. Program Diaspora Know Your Caleg tersebut juga merupakan upaya untuk mereformasi proses pemilu agar Diaspora Indonesia dapat memilih tujuh wakilnya di DPR RI.

Sehingga, diharapkan pemilih luar negeri benar-benar mengenal dan merasa memiliki wakilnya di DPR RI.

"(Tujuannya) agar para caleg juga, secara otentik diwajibkan belajar, memperhatikan, mewakili dan memperjuangkan kepentingan Diaspora Indonesia. Dengan kata lain, mereka harus menjadi caleg Diaspora, karena dipilih oleh Diaspora," ujar Dino.

Dino menjelaskan, nantinya berdasarkan jadwal dari KPU, Diaspora Indonesia akan melakukan pemilihan pada tanggal 8 - 14 April 2019. Menurutnya, platform tersebut bersifat netral, independen dan terbuka bagi semua parpol, khususnya para Caleg yang bersaing di Dapil DKI II yang menampung 2 juta lebih suara pemilih Diaspora Indonesia. 

"Program ini dimaksudkan untuk membantu para caleg yang serius, namun mempunyai keterbatasan logistik untuk menyapa Diaspora Indonesia yang tinggal di berbagai penjuru dunia," katanya.

Sponsored

Menurut Dino, daftar caleg dalam website tersebut akan terus diperbarui dan akan terus terbuka bagi semua caleg dapil DKI 2 sampai hari-H pemilu. Hingga kini, dari 105 caleg, sudah 22 caleg yang melakukan perekaman. 

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pihaknya mengapresiasi terhadap website www.calegdiaspora.org. Menurut dia, itu penting karena memudahkan pemilih luar negeri mengenal calegnya.

"Hari ini kami mendapatkan presentasi apa yang disebut KYC, Know Your Caleg. Setelah dipresentasikan kalau menurut saya ini penting, publik harus tahu informasi ini," katanya.

Informasi itu penting, kata dia, sebagai salah satu instrumen dan referensi yang bermanfaat, sebelum mereka menjatuhkan pilihannya, khususnya untuk kandidat di Dapil DKI Jakarta 2.