close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
 Komposisi caleg wanita telah memenuhi target, yakni hampir mencapai 40%. Foto: Alinea/Gempita Surya
icon caption
Komposisi caleg wanita telah memenuhi target, yakni hampir mencapai 40%. Foto: Alinea/Gempita Surya
Politik
Sabtu, 13 Mei 2023 14:54

Dipimpin Yusril Ihza Mahendra, PBB daftarkan 580 caleg ke KPU hari ini

Komposisi caleg wanita telah memenuhi target, yakni hampir mencapai 40%.
swipe

Partai Bulan Bintang (PBB) mendaftarkan 580 kadernya sebagai calon legislatif (caleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pendaftaran dilakukan hari ini, Sabtu (13/5).

Rombongan massa dari PBB tiba di Kantor KPU sekitar pukul 13.00 WIB dengan iringan shalawat. Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra, tiba menggunakan mobil terbuka dan melambaikan tangan untuk menyapa para kader sebelum memasuki Kantor KPU.

"Kami barusan menyerahkan berkas bakal calon anggota DPR RI kepada KPU dan seluruh calon yang didaftarkan adalah 580. Artinya, telah memenuhi 100% dari ketentuan yang berlaku," kata Yusril dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Sabtu (13/5).

Berkas tersebut telah diserahterimakan dan diterima oleh Ketua KPU Hasyim Asyari. Yusril menuturkan, PBB telah melakukan pembenahan internal sehingga dapat berpartisipasi sebagai peserta Pemilu 2024.

Tak hanya di KPU RI, Yusril menyebut pendaftaran juga dilakukan di kantor-kantor KPU daerah. Ia mengaku siap menempatkan kader-kader PBB di parlemen.

"Kita memang telah melakukan pembenahan ke dalam organisasi dan perbaikan anggota-anggota dan juga melakukan konsolidasi internal, dan alhamdulilah berjalan dengan baik. Sehingga, hari ini tibalah saatnya kami menyerahkan daftar calon sebanyak 580 orang dan juga di daerah-daerah dilakukan hal yang sama," ujar Yusril.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor, menuturkan sejumlah nama yang turut maju sebagai calon legislatif di Pemilu 2024. Salah satunya adalah Yusril selaku Ketum PBB yang maju untuk daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta 1.

"Saya sendiri maju di Kabupaten Bogor, dapil V Jawa Barat," kata Afriansyah.

Di sisi lain, Afriansyah mengaku komposisi caleg wanita telah memenuhi target, yakni hampir mencapai 40%. Ia berharap mereka dapat meraih suara di Pileg 2024.

"Kita hampir 40% lebih (caleg wanita) sesuai kuota kita, dan mudah-mudahan caleg perempuan ini betul-betul bisa kami dapati dan bisa menjadi wakil-wakil yang amanah di DPR RI," tuturnya.

Artikel ini ditulis oleh :

img
Gempita Surya
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan