close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
ilustrasi. ist

Peringati HUT ke-77 RI, KPU harap tahapan pemilu berjalan lancar

Sebagai bagian dari penyelenggara pemilu, KPU adalah pemimpin kepemiluan di setiap tingkatan.
swipe

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengajak jajaran penyelenggara pemilu, untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang merdeka. Hal ini bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang jatuh bertepatan dengan tahapan pemilu.

Ajakan tersebut disampaikan dalam sambutannya pada upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (17/8).

“Oleh karena itu hikmah yang harus kita ambil dari Peringatan Hari Kemerdekaan 77 Tahun Republik Indonesia ini adalah bagaimana KPU sebagai pemimpin kepemiluan memberikan jaminan pada dua hal, yang pertama rakyat pemilih dapat memerdekakan dirinya untuk mengekspresikan secara bebas pilihan-pilihan dalam pemilihan umum. Kedua memberikan jaminan kepada peserta pemilu kepada calon untuk mengekspresikan dirinya dalam Pemilu 2024,” kata Hasyim seperti dikutip dari laman resmi KPU, Rabu (17/8).

Hasyim menyampaikan, sebagai bagian dari penyelenggara pemilu, KPU adalah pemimpin kepemiluan di setiap tingkatan. KPU di pusat adalah pemimpin di tingkat nasional, KPU provinsi adalah pemimpin di tingkat provinsi, dan KPU kabupaten/kota adalah pemimpin kepemiluan di tingkat kabupaten/kota.

Hasyim mengingatkan jajarannya agar bekerja berdasarkan kode etik untuk mewujudkan persaingan bebas dalam pemilu.

“Kita bekerja berdasarkan undang-undang, berdasarkan kode etik penyelenggara pemilu dan memastikan perwujudan persaingan bebas dalam pemilu, dan juga untuk mewujudkan warga negara yang telah memiliki hak sebagai pemilih untuk mengekspresikan pilihannya dalam pemilu,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Hasyim mengajak seluruh jajarannya memanjatkan doa bagi para pejuang dan pendahulu bangsa. Selain itu, ia berharap agar KPU sebagai penyelenggara pemilu dapat dilancarkan selama menjalankan tahapan kepemiluan.

“Mewujudkan kemerdekaan memilih dan kebebasan berekspresi,” tutup Hasyim.

Peringati HUT ke-77 RI, KPU harap tahapan pemilu berjalan lancar
Rabu, 17 Agustus 2022 17:41
Artikel ditulis oleh
img
Gempita Surya
Reporter
img
Hermansah
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan