sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Politikus Demokrat: Hasil survei Indo Barometer tak laik dipercaya

Politikus Partai Demokrat menganggap hasil yang dirilis Indo Barometer lucu dan laik untuk tidak dipercaya.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Senin, 17 Feb 2020 11:25 WIB
Politikus Demokrat: Hasil survei Indo Barometer tak laik dipercaya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei kepuasan publik terhadap 100 hari kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Berdasarkan data yang diperoleh, 70,1% publik puas terhadap kinerja Jokowi dan 49,6% puas dengan kinerja Ma'ruf Amin. Terkait itu, Politikus Partai Demokrat menganggap hasil yang dirilis Indo Barometer lucu dan laik untuk tidak dipercaya.

"Survei Indo Barometer yang baru dirilis kemarin, menurut saya secara pribadi agak lucu. Pertama terkait dengan hasil persentase kepuasan publik terhadap kinerja Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin," kata Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahean saat dihubungi Alinea.id, Senin (17/2).

Semestinya Indo Barometer melakukan survei terhadap kinerja pemerintah secara menyeluruh dan bukan kinerja pribadi orang per orang. Jika yang disurvei adalah kinerja pribadi, bisa saja responden atau masyarakat menjawab berdasarkan kesukaan mereka terhadap figur, alias bukan murni kinerja. Hal ini, cenderung subjektif.

Ferdinand juga merasakan keanehan terhadap hasil kinerja Jokowi yang mendapatkan persentase kepuasan 70% dari masyarakat. Pascabeberapa kebijakan yang diambil Jokowi sejak akhir pemerintahan periode pertama dan awal-awal pemerintahan periode keduanya, banyak pendukung Jokowi yang berbelok kritis. Itu artinya, ada pergeseran kesukaan publik. Oleh karena itu, ia mempertanyakan hasil survei yang diperoleh Indo Barmeter mendapatkan tersebut.

"Banyak pendukung Pak Jokowi yang justru kritis kepada kebijakan Pak Jokowi. Tetapi kepuasan publik tinggi sekali. Ada apa dengan Indo Barometer? Itu yang kami pertanyakan," tambah Ferdinand.

Selain merilis kepuasan terhadap kinerja presiden dan wakil presiden, Indo Barometer juga merilis kepuasan publik terhadap kinerja beberapa menteri dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Hasilnya, Prabowo Subianto sebagai menteri terpopuler dan terbaik kinerjanya, atau sebanyak 18,4% memilih Prabowo. Kemudian, diikuti Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani 10,6% dan Menteri BUMN Erick Tohir 8,2%. Terkait hal ini, Ferdinand juga tidak sepakat.

"Mungkin saja yang disurvei merupakan pendukung Pak Prabowo. Kalau begitu adanya, pasti jawabannya seperti itu," terang Ferdinand.

Padahal Ferdinand melihat Prabowo di bawah rata-rata. Justru menteri yang patut mendapatkan penilaian tertinggi adalah Erick Tohir dan Luhut Binsar Panjaitan.

Sponsored

"Kalau kinerja Prabowo, saya tidak melihat ada, kecuali jalan-jalan ke luar negeri. Kalau jalan-jalan dianggap prestasi, ya dia (Prabowo) memang pemecah rekor. Tetapi kalau kinerja kongkret, tidak ada," sambungnya.

Waspadai lonjakan kredit bermasalah

Waspadai lonjakan kredit bermasalah

Rabu, 01 Apr 2020 17:59 WIB
Pecah kongsi di partai Tommy

Pecah kongsi di partai Tommy

Rabu, 01 Apr 2020 06:01 WIB
Berita Lainnya