Anggota Komisi XI DPR sebut OJK lemah awasi pinjol

Ancaman pihak pinjol yang akan menyebarkan data pribadi seseorang tanpa izin sudah menyalahi hukum.

Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir. Foto: Andri/Man

Anggota Komisi XI DPR  Achmad Hafisz Tohir menilai, pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan penegak hukum atas maraknya pinjaman online masih sangat lemah. Salah satu indikatornya terlihat dari banyak warga yang terusik karena terus diteror pinjol.

Hal ini diungkap Hafisz menyoroti seorang pria bernama Dian Siregar, yang diteror pinjol bernama KSP Rupiah Petir Pro. Menurutnya, Dian Siregar setiap hari menerima pesan di ponselnya dengan nada penuh ancaman. Bahkan, pemilik pinjol mengancam akan menyebarkan data pribadinya bila tak segera melunasi utangnya.

"Kasus ini menunjukkan betapa lemahnya otoritas yang seharusnya bertanggung jawab dalam menangani maraknya kejahatan digital finance. Masa orang yang tidak ada urusan dengan pinjaman itu diteror juga," kata Hafisz dalam keterangannya, Senin (21/6).

Menurut Hafisz, ancaman pihak pinjol yang akan menyebarkan data pribadi seseorang tanpa izin sudah menyalahi hukum. Oleh karena itu, dia meminta penegak hukum segera mengambil langkah tegas untuk melindungi warga.

"Ini ancaman nyata. Menyebarkan data customer tanpa izin adalah kriminal," ujarnya.