Darmin yakin moratorium tidak berefek pada produksi CPO

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakinkan aturan moratorium izin perluasan lahan sawit tidak berdampak CPO

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi pembicara pembukaan Indonesia Investment Forum 2018, Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakinkan aturan moratorium izin perluasan lahan sawit tidak berdampak pada jumlah produksi Minyak Kelapa Sawit (CPO). 

Meskipun, sejumlah kalangan menilai penerbitan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2018 diprediksi menurunkan minat produsen meningkatkan produksi CPO. 

"Jangan diartikan sebagai kita sudah akan berhenti menambah produksi di kelapa sawit, bukan," kata Darmin saat rapat koordinasi dengan Menteri KLHK dan Menteri Agraria dan Tata Ruang di kantornya, Jumat, (19/10).

Upaya meningkatkan produksi CPO di tanah air, tidak melulu hanya melihat pada profit pada saat ini saja. Pemerintah telah mempertimbangkan banyak hal demi meningkatkan CPO di kemudian hari.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ke-14 tersebut mengatakan, rentang waktu tiga tahun moratorium tersebut dinilai cukup baik untuk merevisi aturan yang dinilai tak menguntungkan pemerintah. Mulai dari memperbaruhi Izin Usaha Perkebunan (IUP) dari pemerintah kepada pengusaha CPO yang sudah kadaluarsa dan menertibkan IUP perkebunan sawit milik rakyat. Terutama untuk merevitalisasi pohon sawit tidak produktif yang secara otomatif berpengaruh pada produksi CPO.