Jawa Timur kembali jalin misi dagang dengan Kepulauan Riau

Ini merupakan kerja sama kali ketiga setelah 2016 dan 2018.

Seremoni misi dagang Jatim dengan Kepri di Kota Batam, Jumat (30/4/2021). Dokumentasi Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) kembali mengadakan misi dagang dengan Kepulauan Riau (Kepri). Ini merupakan kerja sama kali ketiga setelah 2016 dan 2018.

Sinergi tersebut diikat melalui penandatanganan kerja sama perdagangan antara Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Kota Batam, Jumat (30/4). Harapannya, memperkuat kapasitas para pelaku usaha kedua daerah.

Selain ikhtiar membangun silaturahmi, kerja sama tersebut memperkuat sinergitas antarpengusaha. "Apalagi Kepri termasuk daerah perlintasan yang berbatasan dengan Vietnam, Malaysia, dan Singapura," ujar Khofifah saat memberikan sambutan.

Menurutnya, kerja sama itu diikuti pelatihan vokasional selain konektivitas yang sudah terbangun dalam perdagangan ini. Terlebih Jatim memberikan perhatian lebih terhadap aspek tersebut.

Karenanya, Khofifah mendorong Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepri berkunjung ke Jatim karena siap membangun kerja sama pelatihan vokasional, terutama dalam pengembangan industri kreatif. Ini tecermin dengan ditetapkannya Jatim bersama Jawa Barat (Jabar) sebagai universitas perusahaan (coorporate university).