Jokowi ultimatum akan 'gigit' mafia impor migas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengultimatum para mafia impor minyak dan gas (migas). Jokowi mengaku telah mengetahui nama-nama importir itu.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 di Ciputra Artpreneur, Lotte Shopping Avenue, Ciputra World, Jakarta Selatan, Kamis (28/11). / Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengultimatum para mafia impor minyak dan gas (migas). Jokowi mengaku telah mengetahui nama-nama importir 'nakal' yang kerap memasukkan migas dari luar negeri ke Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Jokowi mengaku tak akan segan mengganggu bisnis para mafia impor migas tersebut. Terutama terhadap mafia-mafia impor migas yang mengganggu jalannya proyek hilirisasi nasional.

"Siapa yang senang impor itu, dia yang tidak ingin impornya diganggu. Dan ini saya mau 'mengganggu'. Saya sudah tahu siapa-siapa saja," kata Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Ciputra Artpreneur, Lotte Shopping Avenue, Ciputra World, Jakarta Selatan, Kamis (28/11).

Presiden Jokowi akan menindak siapa pun yang akan mengganggu jalannya proyek hilirisasi nasional, khususnya dalam pengembangan bahan bakar biodiesel 20%-50% (B20, B30, dan B50). 

Dia pun tak segan mengatakan akan "menggigit" siapa pun yang mencoba menghalangi program pengembangan minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) tersebut.