Omnibus law bikin izin investasi lebih mudah

Pemerintah menyatakan rencana pembentukan omnibus law dari 74 Undang-Undang yang terkait dengan perizinan investasi dikebut.

Omnibus law adalah suatu Rancangan Undang-undang yang mencakup lebih dari satu aspek yang digabung menjadi satu Undang-undang. / Pixabay

Pemerintah menyatakan rencana pembentukan omnibus law dari 74 Undang-Undang yang terkait dengan perizinan investasi telah berjalan dari tahun 2018. Omnibus law adalah suatu Rancangan Undang-undang yang mencakup lebih dari satu aspek yang digabung menjadi satu Undang-undang.

Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi dan Politik, Hukum dan Keamanan Elen Setiadi  menjelaskan, meski baru ramai dalam beberapa minggu belakangan, rencana tersebut sudah disiapkan lama.

"Kami menyiapkan betul mengenai omnibus law perizinan usaha. Seperti yang Pak Menko bilang dalam waktu sebulan ini kami selesaikan," katanya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (17/9).

Dengan demikian, lanjutnya, jika pembentukan aturan omnibus law tersebut ditarget rampung dalam waktu satu bulan ke depan bukanlah sesuatu yang tergesa-gesa.

"Ini bukan dimulai sebulan saja, tapi dimulai sejak Juli 2018 lalu, seiring dengan wacana pembentukan PP nomor 24/2019," ujarnya.