Pemerintah cadangkan belanja IKN Nusantara Rp30 triliun

Pemerintah mencadangkan anggaran sebesar Rp27 triliun hingga Rp30 triliun di APBN 2023 untuk pembangunan IKN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto dokumentasi Kementerian Keuangan.

Pemerintah memastikan pemindahan ibu kota ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) tetap berjalan sesuai rencana. Tahun depan pemerintah mencadangkan anggaran sebesar Rp27 triliun hingga Rp30 triliun di APBN 2023 untuk pembangunan IKN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, dana cadangan itu untuk membangun infrastruktur dasar. Dana tersebut nantinya dipergunakan untuk membangun gedung pemerintahan Kementerian Perhubungan yang bakal berperan menciptakan simpul konektivitas di IKN Nusantara.

"Juga untuk membangun awal di bidang pendidikan, seperti sarana sekolah dan kesehatan. Ini juga untuk mendukung belanja sarana prasarana di bidang ketahanan dan juga di bidang keamanan," kata Sri Mulyani usai rapat terbatas rancangan kerja pemerintah dan pagu indikatif tahun 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari laman setkab.go.id, Jumat (15/4).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan perkiraan kebutuhan anggaran untuk IKN mencapai Rp466 triliun. Dari jumlah itu hanya 20% yang dipenuhi melalui APBN. Sedangkan 80% sisanya diupayakan melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KBPU) dan swasta.

Oleh karena itu, Presiden meminta Kepala IKN Bambang Susantono bersama wakilnya Dhony Rahajoe bisa bekerja secara lincah dan fleksibel untuk mendapatkan sumber-sumber pendanaan pembangunan ibu kota baru.