Pungutan ekspor CPO dihapus, kinerja emiten kebun merekah

Penghapusan pungutan ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya bakal membuat kinerja emiten kebun melejit

Penghapusan pungutan ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya bakal membuat kinerja emiten kebun melejit. / Antara Foto

Penghapusan pungutan ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan produk turunannya bakal membuat kinerja emiten kebun melejit.

Adapun rencana tersebut mendapat sambutan baik dari emiten-emiten penghasil minyak kelapa sawit. Salah satunya adalah PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI).

Direktur Independen & Corporate Secretary AALI Mario C. Surung mengatakan, rencana tersebut mengindikasikan pemerintah sangat mendukung dan memperhatikan bisnis kelapa sawit di tengah harga yang tengah anjlok.

"Menurut saya penghapusan Levy atas ekspor CPO adalah sangat membantu usaha kelapa sawit yang saat ini sedang terpuruk. Terutama akan meningkatkan daya saing kita dengan Malaysia," ungkap Mario kepada Alinea.id, Rabu (28/11).

Mario mengungkapkan hal ini juga akan menaikkan pendapatan bagi perusahaan apabila bisa menjaga harga tidak semakin turun. "Untuk situasi saat ini apabila hal tersebut bisa menjaga harga tidak semakin turun tentu akan menaikkan pendapatan perusahaan apalagi kalau bisa menaikkan harga CPO dan turunannya. Kalau harga masih turun ya tentu tidak berdampak ya," jelasnya.