Krisis air terburuk dalam sejarah menghantui India

Krisis air terburuk dalam sejarah yang membayangi India, mengancam ratusan juta jiwa dan membahayakan pertumbuhan ekonomi.

Ilustrasi krisis air / Pexels

Lemahnya infrastruktur dan kekurangan nasional telah membuat air jadi barang mahal di seluruh penjuru India. Sushila Devi, yang tinggal di Wazirpur, New Delhi, merasakan betul derita ini, karena demi air, suami dan anak laki-lakinya tewas.

"Mereka meninggal karena persoalan air, bukan masalah lain," kata Devi (40), saat mengisahkan bagaimana suami dan putranya meninggal akibat perkelahian di atas mobil yang mengangkut tangki berisi air minum bersih pada Maret lalu. Demikian seperti dikutip dari Straits Times, Kamis (5/7).

Kematian suami dan putra Devi memaksa pihak berwenang untuk menyuplai air ke wilayah kumuh yang dihuninya hingga akhirnya sebuah sumur pun dibor.

"Sekarang keadaannya lebih baik. Namun sebelumnya ... air biasanya berkarat, kita bahkan tidak bisa mencuci tangan atau kaki dengan air seperti itu," tutur Devi kepada Thomson Reuters Foundation di Delhi.

India "menderita krisis air terburuk dalam sejarahnya", mengancam ratusan juta jiwa dan membahayakan pertumbuhan ekonomi, ungkap laporan think tank pemerintah pada Juni lalu.