Australia hadapi bencana kebakaran terburuk

Pihak berwenang memperingatkan kebakaran akan menyebar dengan cepat di tengah suhu panas dan angin kencang.

Beberapa mobil hangus terbakar di sebuah properti di Rainbow Flat, Australia, Senin (11/11). ANTARA FOTO/AAP Image/Darren Pateman/via REUTERS

Sebuah area luas di pantai timur Australia, termasuk yang ada di sekitar Sydney, bersiap untuk menghadapi salah satu ancaman kebakaran hutan terburuk di negara itu. Lebih dari 85 titik kobaran api membara di seluruh Negara Bagian New South Wales (NSW).

Pihak berwenang memperingatkan bahwa kebakaran akan menyebar dengan cepat di tengah suhu panas dan angin kencang. Sekitar enam juta orang dilaporkan tinggal di wilayah tersebut.

Orang-orang di komunitas rentan telah didesak untuk menjauh dari hutan belukar dan mengungsi sebelum kebakaran membesar. Lebih dari 600 sekolah di seluruh negara bagian ditutup.

Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian yang telah mendeklarasikan keadaan darurat selama tujuh hari pada Selasa menuturkan akan melindungi nyawa, properti dan memastikan semua orang seaman mungkin.

Tiga orang dilaporkan tewas dan lebih dari 150 properti hancur sejak darurat kebakaran kian intensif di NSW pada Jumat (8/11). Namun, pihak berwenang menuturkan mereka sekarang harus bersiap menghadapi apa yang mungkin menjadi kebakaran hutan paling berbahaya yang pernah dialami Negeri Kanguru.