Denmark tolak jual Greenland, Trump batal melawat

Kunjungan Trump yang dilakukan atas undangan dari Ratu Margrethe II dijadwalkan berlangsung pada 2 September.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque

Donald Trump telah membatalkan lawatan kenegaraannya ke Denmark setelah Perdana Menteri Mette Frederiksen menegaskan bahwa Greenland tidak untuk dijual. Kunjungan Trump yang dilakukan atas undangan dari Ratu Margrethe II dijadwalkan berlangsung pada 2 September.

Kemudian pekan lalu, Trump mengonfirmasi adanya gagasan untuk membeli Greenland, wilayah otonom Denmark. PM Frederiksen mendeskripsikan ide tersebut absurd dan dia juga berharap bahwa Trump tidak serius soal itu.

Mengumumkan pembatalan kunjungannya, Trump mentwit, "Denmark adalah negara yang sangat istimewa dengan rakyatnya yang luar biasa, tapi berdasarkan pernyataan PM Mette Frederiksen bahwa dia tidak tertarik berdikusi soal penjualan Greenland, saya akan menunda pertemuan kami."

Denmark is a very special country with incredible people, but based on Prime Minister Mette Frederiksen’s comments, that she would have no interest in discussing the purchase of Greenland, I will be postponing our meeting scheduled in two weeks for another time.... — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 20 August 2019

Sebelumnya, pada Minggu (18/8), ketika ditanya apakah dia bersedia menukar wilayah AS untuk Greenland, Trump menjawab, "Banyak hal yang bisa kita lakukan. Tapi pada dasarnya ini adalah kesepakatan real estat yang besar."