Harry dan Meghan mundur, Ratu Elizabeth gelar pertemuan darurat

Rapat darurat tersebut digelar sebagai respons atas keputusan Harry dan Meghan yang menyatakan mundur sebagai anggota senior kerajaan.

Ratu Elizabeth II. Twitter/@RoyalFamily

Ratu Elizabeth II meminta cucunya, Pangeran Harry, hadir dalam pertemuan darurat yang digelar pada Senin (13/1), untuk membahas masa depan dia dan istrinya, Meghan Markle. Pada Rabu (8/1), pasangan itu mengumumkan akan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris dan akan bekerja agar dapat mandiri secara finansial.

Pangeran Charles dan Pangeran William juga akan menghadiri pertemuan yang disebut berlangsung di Sandringham, Norfolk. Sementara itu, Meghan, akan mengikuti pertemuan tersebut melalui sambungan telepon dari Kanada.

Dalam pernyataannya, Harry dan Meghan juga mengatakan bahwa mereka berencana menyeimbangkan waktu antara kehidupan di Inggris dan Amerika Utara sambil terus menghormati tanggung jawab kepada Ratu Elizabeth, persemakmuran, dan organisasi-organisasi yang mereka lindungi.

Menurut sumber istana, tidak ada anggota keluarga kerajaan lain, termasuk Ratu Elizabeth atau Pangeran William, yang diajak berkonsultasi oleh Harry dan Meghan terkait keputusan mengejutkan tersebut. Pihak Istana Buckingham pun dilaporkan kecewa.

Seorang sumber kerajaan lainnya menyebut bahwa selama beberapa hari terakhir, anggota keluarga kerajaan telah berbicara via telepon untuk mencoba menyusun rencana baru bagi pasangan itu.