sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Harry dan Meghan mundur, Ratu Elizabeth gelar pertemuan darurat

Rapat darurat tersebut digelar sebagai respons atas keputusan Harry dan Meghan yang menyatakan mundur sebagai anggota senior kerajaan.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 13 Jan 2020 15:19 WIB
Harry dan Meghan mundur, Ratu Elizabeth gelar pertemuan darurat

Ratu Elizabeth II meminta cucunya, Pangeran Harry, hadir dalam pertemuan darurat yang digelar pada Senin (13/1), untuk membahas masa depan dia dan istrinya, Meghan Markle. Pada Rabu (8/1), pasangan itu mengumumkan akan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris dan akan bekerja agar dapat mandiri secara finansial.

Pangeran Charles dan Pangeran William juga akan menghadiri pertemuan yang disebut berlangsung di Sandringham, Norfolk. Sementara itu, Meghan, akan mengikuti pertemuan tersebut melalui sambungan telepon dari Kanada.

Dalam pernyataannya, Harry dan Meghan juga mengatakan bahwa mereka berencana menyeimbangkan waktu antara kehidupan di Inggris dan Amerika Utara sambil terus menghormati tanggung jawab kepada Ratu Elizabeth, persemakmuran, dan organisasi-organisasi yang mereka lindungi.

Menurut sumber istana, tidak ada anggota keluarga kerajaan lain, termasuk Ratu Elizabeth atau Pangeran William, yang diajak berkonsultasi oleh Harry dan Meghan terkait keputusan mengejutkan tersebut. Pihak Istana Buckingham pun dilaporkan kecewa.

Seorang sumber kerajaan lainnya menyebut bahwa selama beberapa hari terakhir, anggota keluarga kerajaan telah berbicara via telepon untuk mencoba menyusun rencana baru bagi pasangan itu.

Pertemuan pada Senin akan menjadi kesempatan bagi anggota keluarga kerajaan untuk membahas proposal yang disusun setelah serangkaian konsultasi antara pejabat istana dan perwakilan pemerintah Inggris dan Kanada tentang masa depan Harry dan Meghan.

Sumber kerajaan mengatakan bahwa Elizabeth berupaya melahirkan solusi dalam hitungan hari. Namun, hal itu membutuhkan diskusi yang rumit dan menyeluruh. Sumber yang sama menyebut, kesepakatan apa pun yang dihasilkan dari pertemuan pada Senin membutuhkan waktu untuk diimplementasikan.

Mundurnya Harry dan Meghan merupakan krisis terbaru yang dihadapi keluarga Kerajaan Inggris. Pada Desember 2019, Ratu Elizabeth menggambarkan kerajaan tengah melalui periode yang "bergelombang".

Sponsored

Sorotan terhadap Duke dan Duchess of Sussex telah menenggelamkan pembahasan terkait skandal seksual yang menyeret Pangeran Andrew

Dalam wawancara dengan ITV pada Oktober 2019, Harry mengakui bahwa hubungannya dan William telah merenggang.

Sunday Times mengatakan Pangeran William telah mengungkapkan kesedihannya terkait hubungannya dengan Harry. Kakak beradik itu dikabarkan sangat dekat pascakematian ibu mereka, Putri Diana, dalam kecelakaan mobil pada 1997.

Surat kabar itu mengutip perkataan William kepada seorang teman bahwa dia telah merangkul Harry sepanjang hidup dan kini dia tidak dapat melakukannya lagi.

Pada Sabtu (11/1), Sunday Times melaporkan bahwa Meghan telah setuju untuk melakukan proyek bersama Walt Disney Corporation.

Menurut Vanity Fair, Duchess of Sussex setuju untuk melakukan pekerjaan voice over bagi Disney sebagai imbalan sumbangan perusahaan itu kepada organisasi amal yang didukungnya, Elephants Without Borders. (CNBC, The Guardian, dan Vanity Fair)

Berita Lainnya