Isi pertemuan Donald Trump dan Vladimir Putin

Dua pemimpin negara raksasa Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu empat mata di Helsinki Finlandia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Helsinki, Finlandia, Senin (16/7). / Reuters

Dua pemimpin negara raksasa Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu empat mata di Helsinki Finlandia.

Kedua pemimpin negara besar itu bertemu pada Senin (16/7). Kemudian, setelah menggelar pertemuan tertutup, Trump dan Putin memebeberkan hasil pertemuan kepada awak media.

Putin yang baru saja menggelar Piala Dunia 2019 itu mengatakan negosiasi dengan Trump terbuka dan konstruktif. Pertemuan dan pembicaraan keduanya dinilai sukses dan bermanfaat.

"Hubungan bilateral memang memiliki tahapan yang rumit. Hambatan-hambatan dan ketegangan belakangan ini, dan atmosfer yang menegang pada dasarnya tidak ada alasan yang kuat," tuturnya.

Dia mengaku prihatin atas keputusan Trump yang menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Kesepakatan itu dikenal dengan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA).