Kim Jong-un janji beri balasan ke negara yang jatuhkan sanksi

Meski Kim Jong-un tidak secara terang-terangan menyebut AS, tetapi para analis yakin pernyataannya merupakan tekanan terhadap Washington.

Kim Jong-un saat memimpin Rapat Pleno ke-4 Komisi Pusat ke-7 Partai Pekerja Korea (WPK) di Pyongyang, pada Rabu (10/4) yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada Kamis (11/4). ANTARA FOTO KCNA via REUTERS

Kim Jong-un berjanji akan memberikan balasan serius kepada negara-negara yang menjatuhkan sanksi pada Korea Utara.

Kritik Kim Jong-un ini datang berminggu-minggu usai KTT kedua Korea Utara-Amerika Serikat gagal mencapai kesepakatan setelah kedua pihak berselisih pandang mengenai pengangkatan sanksi demi kemajuan proses denuklirisasi.

"Kami harus memberikan balasan serius kepada pihak-pihak yang ingin menjatuhkan kami dengan menggunakan sanksi," ujar Kim Jong-un dalam sidang pleno Partai Buruh pada Rabu (10/4). Demikian dikutip oleh kantor berita negara KCNA.

Meski Kim Jong-un tidak secara terang-terangan menyebut AS, tetapi para analis menilai rujukannya terkait "pihak yang ingin menjatuhkan Korea Utara" sebagai upaya untuk memberi tekanan kepada Washington.

"Pernyataannya tidak secara gamblang menyebutkan AS, tetapi dia menyebutkan sanksi yang diberikan oleh pihak-pihak yang ingin menjatuhkan Korea Utara," kata Shin Beom-chul, peneliti dari Asan Institute for Policy Studies di Seoul.