Kim Jong-un klaim Korut sukses tangani Covid-19

Kim Jong-un menekankan pentingnya mempertahankan kewaspadaan tinggi dan tidak melonggarkan pembatasan sosial.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Sidang Pleno ke-5 Komite Pusat ke-7 Partai Buruh Korea (WPK) dalam foto tanpa tanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Minggu (29/12/2019). Foto Antara/KCNA via REUTERS/

Kantor berita KCNA pada Jumat (3/7) melaporkan bahwa Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memuji keberhasilan negaranya dalam mengatasi Covid-19.

Berbicara dalam sebuah pertemuan politbiro pada Kamis (2/7), Kim Jong-un mengatakan, Korea Utara berhasil mencegah penyebaran coronavirus jenis baru dan mempertahankan situasi stabil di dalam negeri.

Pyongyang menyatakan, mereka tidak memiliki satu pun kasus infeksi Covid-19, klaim yang dinilai mustahil oleh sejumlah analis dan pakar kesehatan internasional.

Menurut KCNA, Kim Jong-un telah menganalisis secara rinci upaya pencegahan penularan Covid-19 selama enam bulan terakhir. Dia mengatakan, keberhasilan dalam menangani pandemik dicapai berkat kepemimpinan Komite Sentral Partai Korea Utara.

Melihat bahwa Covid-19 masih merebak di negara-negara tetangga, Kim Jong-un menekankan pentingnya mempertahankan kewaspadaan tinggi dan tidak melonggarkan pembatasan sosial.