Kim Jong-un: Peluncuran rudal adalah peringatan bagi AS dan Korsel

Teranyar, Korea Utara meluncurkan dua rudal pada Selasa (6/8). Itu merupakan yang keempat dalam waktu kurang dari dua pekan.

Ilustrasi / Pixabay

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyatakan bahwa peluncuran rudal berpemandu taktis yang dilakukan pihaknya adalah peringatan bagi Amerika Serikat dan Korea Selatan atas latihan militer bersama keduanya. Demikian dilaporkan kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, pada Rabu (7/8).

Latihan militer bersama AS-Korea Selatan, Dong Maeng, yang sebagian besar disimulasikan dengan komputer telah dimulai pada Senin (5/8) dan akan berlangsung hingga Selasa (20/8). Dong Maeng merupakan alternatif dari latihan tahunan berskala besar yang sebelumnya dihentikan untuk mempercepat pembicaraan denuklirisasi.

Teranyar, Korea Utara meluncurkan dua rudal pada Selasa (6/8). Itu merupakan yang keempat dalam waktu kurang dari dua pekan.

Mengutip pernyataan Kim Jong-un, KCNA menuliskan bahwa uji coba rudal terbaru adalah sebuah kesempatan untuk mengirim peringatan yang memadai terhadap latihan militer bersama yang sekarang sedang dilakukan AS dan Korea Selatan.

"Rudal-rudal berpemandu taktis tipe baru diluncurkan dari wilayah barat Korea Utara, terbang melintasi semenanjung di atas ibu kota dan wilayah pedalaman tengah untuk secara tepat mengenai pulau kecil yang ditargetkan di laut di lepas pantai timur Korea Utara," sebut KCNA.