Korut-AS akan gelar negosiasi tingkat kerja

Pembicaraan tingkat kerja antara Korea Utara dan Amerika Serikat akan diadakan pada Sabtu (5/10).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat KTT perdana di Singapura pada Juni 2018. IG/@realdonaldtrump

Pada Selasa (1/10), kantor berita KCNA melaporkan bahwa Korea Utara dan Amerika Serikat sepakat untuk mengadakan pembicaraan tingkat kerja pada Sabtu (5/10).

Perundingan terkait denuklirisasi Pyongyang telah terhenti sejak KTT kedua antara Korea Utara-AS pada Februari gagal mencapai kesepakatan.

Donald Trump dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, telah sepakat untuk memulai kembali pembicaraan tingkat kerja dalam pertemuan mereka di Panmunjom, desa perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan, pada Juni.

Namun, tindak lanjut dari kesepakatan antara kedua pemimpin itu tidak pasti karena Pyongyang berulang kali melakukan uji coba rudal balistik jarak pendek dan kerap mengkritik latihan militer gabungan Washington dengan Seoul.

Mengutip pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui, KCNA menyatakan, kedua negara sepakat bertemu pada Jumat (4/10) dan dilanjutkan dengan pembicaraan tingkat kerja pada hari berikutnya.