Krisis pangan, Korea Utara minta bantuan dunia

Korea Utara meminta bantuan dunia untuk memerangi darurat pangan akibat kekeringan dan banjir.

Ilustrasi / Pixabay

Korea Utara meminta bantuan dunia untuk memerangi darurat pangan akibat kekeringan dan banjir. Pemerintah Korea Utara di Pyongyang melapor ke PBB bahwa mereka menghadapi kekurangan 1,4 juta ton produksi pangan tahun ini, termasuk panen padi, gandum, kentang, dan kedelai.

Juru Bicara PBB Stephane Dujarric PBB memperkirakan 10,3 juta orang, atau hampir setengah dari populasi Korea Utara, membutuhkan makanan akibat penurunan tajam produksi pangan. PBB juga memperkirakan 40% warga Korea Utara menderita malnutrisi.

"Pemerintah Korea Utara telah meminta bantuan dari organisasi kemanusiaan internasional yang berada di negara itu untuk mengatasi dampak dari situasi keamanan pangan," kata Stephane, Jumat (22/2).

Saat ini, badan-badan PBB mengadakan pembicaraan dengan Pyongyang untuk mengambil tindakan dini demi memenuhi kebutuhan kemanusiaan di Korea Utara.

Dalam sebuah memo kepada PBB, pemerintahan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un meminta organisasi internasional untuk segera menanggapi penanganan krisis pangan mereka.