Kunjungan kenegaraan, Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Vietnam

Vietnam merupakan negara keempat yang dikunjungi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam waktu kurang dari 12 bulan.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melambaikan tangannya saat dia tiba di stasiun kereta Dong Dang, Vietnam, di perbatasan dengan China, Selasa (26/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Parawongmetha

Didampingi oleh saudara perempuan yang juga asisten dekatnya, Kim Yo-jong, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong pada Jumat (1/3).

Menyunggingkan senyuman, Kim Jong-un berjalan di depan barisan anak-anak yang mengibarkan bendera Vietnam dan Korea Utara di luar Istana Presiden di Hanoi.

Lewat lawatan ini, Korea Utara yang lama terisolasi dari dunia dinilai semakin berupaya menggambarkan dirinya sama seperti negara lainnya. 

Vietnam adalah negara asing keempat yang Kim Jong-un kunjungi dalam waktu kurang dari 12 bulan, setelah tidak beranjak dari Pyongyang selama lebih dari enam tahun sejak menjabat.

Kim Jong-un telah pergi ke China empat kali untuk bertemu dengan Xi Jinping, berjalan melintasi perbatasan dengan Korea Selatan untuk berbincang dengan Presiden Moon Jae-in, dan pergi ke Singapura dalam rangka menghadiri KTT pertama AS-Korea Utara.