Ribuan perempuan di Amerika Latin gelar demonstrasi tuntut legalisasi aborsi

Akses aborsi tersebut sebenarnya sudah diizinkan sepenuhnya di beberapa negara kawasan Amerika Latin.

Ilustrasi. Pixabay

Ribuan perempuan dikabarkan tengah berdemonstrasi di beberapa kota Amerika Latin pada Selasa (28/9) waktu setempat. Ini dilakukan dalam rangka memperingati hari aksi global untuk akses ke aborsi yang aman dan legal. Akses aborsi tersebut sebenarnya sudah diizinkan sepenuhnya di beberapa negara kawasan Amerika Latin.

Melansir Reuters (29/9), di Kota Mexico, para perempuan melakukan demonstrasi dengan berjalan ke Pusat Sejarah, yang mana diawasi oleh polisi berseragam lengkap. Sementara itu, pihak kepolisian memasang pagar pelindung di beberapa bangunan besar dan monumen di Pusat Sejarah, yang mana itu telah telah disemprot cat selama demonstrasi.

"Saya masih tidak tahu apakah ingin menjadi seorang ibu, tetapi saya ingin memiliki hak untuk memutuskan," demikian salah satu tulisan yang dipegang oleh perempuan muda.

Awal bulan ini Mahkamah Agung Meksiko telah menyatakan, kriminalisasi pada aborsi, merupakan tindak yang tidak konstitusional. Kemudian tidak lama setelah itu, pemerintah mengatakan bahwa mereka yang dipenjara atas tuduhan telah menggugurkan kandungan mereka akan dibebaskan.

Ratusan perempuan lainnya juga melakukan demonstrasi di bagian lain Meksiko, termasuk di kota Cuernavaca dan Veracruz. Setiap tahun, ribuan wanita di Amerika Latin meninggal karena aborsi yang tidak aman karena kehamilan remaja dan kekerasan seksual terus meningkat di wilayah tersebut.