Saat batas waktu aborsi Texas semakin dekat, 27 wanita menunggu di sebuah klinik

Para wanita itu berharap dokter dapat menemui mereka sebelum undang-undang aborsi yang paling ketat di AS mulai berlaku,

ilustrasi. foto Pixabay

Dua jam sebelum Selasa tengah malam (waktu setempat), sebelum undang-undang Texas baru yang secara efektif melarang sebagian besar aborsi diberlakukan, 27 pasien masih berkerumun di ruang tunggu klinik aborsi Whole Woman's Health di Fort Worth.

Para wanita itu berharap dokter dapat menemui mereka sebelum undang-undang aborsi yang paling ketat di AS mulai berlaku, memblokir hampir semua prosedur setelah detak jantung janin terdeteksi, biasanya sekitar enam minggu kehamilan, sebelum beberapa wanita tahu bahwa mereka telah hamil.

Dokter, beberapa dari mereka menangis, menyelesaikan prosedur terakhir klinik pada pukul 23.56 Selasa setelah dibuka sebelum jam 8 pagi, menurut Amy Hagstrom Miller, kepala Kesehatan Wanita Utuh, rantai independen dari empat klinik kesehatan reproduksi di Texas dan seorang penggugat dalam permintaan darurat untuk memblokir undang-undang yang ditolak Mahkamah Agung Rabu malam.

"Ini adalah larangan aborsi habis-habisan, jelas dan sederhana," kata Hagstrom Miller kepada wartawan.

Dia menggambarkan situasi di lapangan di klinik Fort Worth setelah berdiskusi dengan staf administrator fasilitas tersebut. Seorang juru bicara klinik mengatakan stafnya bekerja tanpa henti untuk membantu 117 pasien yang berusaha melewati tenggat waktu Selasa.