Sempat ditahan di Indonesia, AS sita kapal kargo Korea Utara

Kapal kargo bernama The Wise Honest itu ditahan di Indonesia pada April 2018. Dua bulan setelahnya, AS mengajukan surat perintah penyitaan.

Kapal kargo Korea Utara, Wise Honest. / justice.gov

Amerika Serikat mengatakan telah menyita kapal kargo Korea Utara atas tuduhan melanggar sanksi internasional. Kapal kargo bernama The Wise Honest itu ditahan di Indonesia pada April 2018. Dua bulan setelahnya, AS mengajukan surat perintah penyitaan.

Indonesia telah menyerahkan kapal itu, dan kini The Wise Honest sedang dalam perjalanan ke AS. Kementerian Kehakiman AS (DoJ) mengatakan kapal itu digunakan untuk mengangkut batu bara yang merupakan komoditas ekspor terbesar Korea Utara. Namun, Pyongyang tidak diizinkan melakukan kegiatan ekspor-impor setelah dijatuhi sanksi internasional PBB.

Ini adalah pertama kalinya AS berhasil menyita kapal Korea Utara. Sebelumnya, Pyongyang selalu berhasil lolos dengan menggunakan bendera negara lain atau mematikan alat pelacak di kapal mereka.

Langkah AS ini dinilai dapat memperburuk hubungan antara kedua negara. Pada Februari, KTT Korea Utara-AS berakhir tanpa persetujuan karena Presiden AS Donald Trump bersikeras agar pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghentikan program nuklirnya. Sedangkan, Pyongyang menuntut Washington, mencabut sanksi yang membebani ekonomi negara.

Dalam sepekan terakhir, Korea Utara telah melakukan dua uji coba senjata yang secara luas dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan tekanan dan bentuk protes kepada AS atas kegagalan KTT di Hanoi, Vietnam.