Uni Eropa akan beri sanksi industri militer Rusia

Paket sanksi itu akan memberikan pukulan bagi 168 "entitas" perusahaan atau organisasi negara yang terkait dengan industri senjata.

Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis. Foto:  twitter.com/VDombrovskis

Uni Eropa akan memberikan sanksi baru kepada Rusia yang menargetkan kompleks industri militer Rusia, serta orang dan kelompok yang menyerang warga sipil Ukraina atau menculik anak-anak.

Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis mengatakan, paket sanksi itu akan memberikan pukulan bagi 168 "entitas" perusahaan atau organisasi negara yang terkait dengan industri senjata.

“Ini akan memastikan bahwa bahan kimia utama, penglihatan malam dan peralatan navigasi radio, komponen elektronik dan IT yang dapat digunakan oleh mesin perang Rusia tidak dapat diperdagangkan secara bebas,” kata Dewan Eropa, yang mewakili negara-negara anggota.

“Untuk menghindari pengelakan, beberapa entitas yang dikendalikan Rusia yang berbasis di Krimea atau Sevastopol yang dianeksasi secara ilegal juga dimasukkan dalam daftar,” tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Paket kesembilan tindakan hukuman UE terhadap Rusia atas perangnya di Ukraina telah disetujui oleh para pemimpin UE pada pertemuan puncak Kamis. Sanksi Itu secara resmi diadopsi pada Jumat dengan prosedur tertulis.