Update gempa Maroko: Lebih dari 2.000 orang tewas

Gempa berkekuatan 6,8 SR itu, merupakan gempa terbesar yang melanda negara Afrika Utara dalam 120 tahun terakhir.

Seorang pria berdiri di samping hotel yang rusak pasca gempa di desa Moulay Brahim, dekat pusat gempa, di luar Marrakesh, Maroko, Sabtu, 9 September 2023. AP Photo/Mosa'ab Elshamy

Gempa bumi dahsyat yang jarang terjadi melanda Maroko, menyebabkan orang-orang berhamburan dari tempat tidur mereka ke jalan-jalan dan merobohkan bangunan-bangunan di desa-desa pegunungan dan kota-kota kuno yang tidak dibangun untuk menahan kekuatan tersebut. Lebih dari 2.000 orang tewas, dan jumlah korban diperkirakan bertambah ketika tim penyelamat berjuang pada Sabtu (9/9) waktu setempat, untuk mencapai daerah-daerah terpencil yang terkena dampak paling parah.

Gempa berkekuatan 6,8 SR itu, merupakan gempa terbesar yang melanda negara Afrika Utara dalam 120 tahun terakhir. Gempa menyebabkan orang-orang meninggalkan rumah mereka karena ketakutan dan ketidakpercayaan pada Jumat (8/9) malam. Seorang pria mengatakan, pada saat gempa, piring dan hiasan dinding mulai berjatuhan, dan orang-orang terjatuh. Gempa tersebut merobohkan tembok-tembok yang terbuat dari batu dan pasangan bata.

Desa-desa terpencil seperti di Lembah Ouargane yang dilanda kekeringan sebagian besar terputus dari dunia, ketika mereka kehilangan listrik dan layanan telepon seluler. Pada tengah hari, orang-orang sudah berada di luar rumah tetangga mereka yang berkabung, mengamati kerusakan dengan kamera ponsel mereka dan saling berkata, “Semoga Tuhan menyelamatkan kita.”

Hamid Idsalah, seorang pemandu gunung berusia 72 tahun, mengatakan, dia dan banyak orang lainnya masih hidup tetapi tidak memiliki masa depan yang diharapkan. Hal ini terjadi dalam jangka pendek-dengan sisa-sisa dapurnya menjadi debu-dan dalam jangka panjang-ketika dia dan banyak orang lainnya tidak memiliki kemampuan finansial untuk pulih.

“Saya tidak bisa membangun kembali rumah saya. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan. Tetap saja, saya masih hidup, jadi saya akan menunggu,” katanya sambil berjalan melewati kota oasis gurun yang menghadap ke perbukitan batu merah, sekawanan kambing, dan danau garam yang berkilauan. “Saya merasa sedih.” katanya lagi.