Zelensky pecat menteri pertahanan Oleksii Reznikov

Keputusan tersebut diambil di tengah tindakan keras terhadap korupsi di Ukraina yang sangat ditekankan oleh Zelensky.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: Tass

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Minggu bahwa dia telah memutuskan untuk mengganti menteri pertahanannya. Langkah ini merupakan perombakan terbesar dalam sistem pertahanan negaranya sejak Rusia melancarkan invasi skala penuh pada Februari 2022.

Dalam pidatonya melalui video malam hari, Zelensky mengatakan dia akan memberhentikan Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov dan akan meminta Parlemen minggu ini untuk menggantikannya dengan Rustem Umerov, kepala dana privatisasi utama negara tersebut.

Reznikov, yang menjabat sebagai menteri pertahanan sejak November 2021, telah membantu mengamankan miliaran dolar bantuan militer Barat untuk membantu upaya perang, namun dirundung tuduhan korupsi seputar kementeriannya. Tuduhan yang ia sebut sebagai fitnah.

Keputusan tersebut diambil di tengah tindakan keras terhadap korupsi di Ukraina yang sangat ditekankan oleh Zelensky. Kiev telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Uni Eropa dan masyarakat menjadi sangat sensitif terhadap korupsi seiring dengan berkobarnya perang yang tidak kunjung berakhir.

“Saya memutuskan untuk mengganti Menteri Pertahanan Ukraina. Oleksii Reznikov telah melalui lebih dari 550 hari perang skala penuh,” kata Zelenskyy.