3 strategi self-care yang membantu mengelola rasa depresi

Self-care ini berlaku untuk semua jenis stres dan tidak sekadar pada hal-hal yang divonis sebagai gangguan oleh dokter.

Ilustrasi. Pixabay

Sebagai seseorang dengan depresi berat dan gangguan kecemasan umum, kita mungkin melakukan pencarian seumur hidup tentang definisi merawat diri sendiri atau self-care yang tepat.

Self-care ini berlaku untuk semua jenis stres dan tidak sekadar pada hal-hal yang divonis sebagai gangguan oleh dokter. Media kesehatan Healthline membagi tiga tips melakukan self-care untuk mengelola rasa depresi. Hal-hal berikut mungkin bukan cara terbaik, namun bisa memberikan gaya hidup sedikit lebih sehat.

1. Mulai dari tempat di mana berada

Pertama mulailah merawat diri mulai dari tempat di mana diri kita berada. Perawatan diri tidak hanya dikonotasikan sebagai liburan santai atau pergi ke spa. Kita bisa memperluas perspektif merawat diri mulai dari di rumah, mobil, tempat kerja, atau dalam hubungan sosial. Merawat diri adalah meletakkan apa yang nyaman untuk diri kita sendiri dimulai dari dalam diri. Membuat pergeseran perspektif ini membantu menumbuhkan keterampilan dan kesadaran diri yang dapat digunakan untuk mengatasi depresi dan kecemasan di lingkungan sehari-hari.

2. Perhatikan perubahan pada tubuh