Agar tak salah langkah, Ketahui 8 mitos seputar perawatan kulit

Ada sejumlah anggapan yang keliru tentang perawatan kulit. Mungkin delapan mitos ini perlu Anda ketahui lebih jauh.

Wanita sedang perawatan kulit di malam hari. foto ilustrasi Pixabay

Berkat internet dan kisah-kisah lama, ada banyak sekali saran perawatan kulit yang dilontarkan—dan tidak semuanya baik. Faktanya, beberapa “nasihat” ini sebenarnya bisa berbahaya bagi kulit dan kesehatan Anda. Dengan bantuan ahli kecantikan Shauna Rose Dermigny, diselidiki delapan klaim perawatan kulit umum untuk melihat dengan tepat mengapa mereka tidak akurat. Lihat apa yang  ditemukan di bawah ini, plus, dapatkan rekomendasi untuk apa yang seharusnya Anda lakukan.

Mitos #1: Anda berjerawat karena tidak mencuci muka.
Meskipun itu adalah mitos yang populer, itu memang mitos. Anda tidak akan mendapatkan jerawat hanya karena Anda tidak mencuci muka dengan benar atau cukup sering. Agar jerawat berkembang, Anda harus memiliki kombinasi dari empat faktor: pori-pori tersumbat dari pelepasan keratin/sel kulit, sebum, bakteri dan peradangan. Jadi, meski tidak mencuci muka tentu tidak akan membantu masalah, itu bukan satu-satunya penyebab jerawat.

Baca Juga: 9 Pembersih Wajah Terbaik untuk Kulit Rawan Jerawat

Mitos #2: Apa pun yang bertanda “alami” atau “bebas bahan kimia” pasti lebih baik untuk Anda daripada jenis produk perawatan kulit lainnya.

Shauna Dermigny: “Ini tergantung orangnya. Untuk mengetahui apa yang tepat untuk Anda, Anda harus melakukan konsultasi kulit yang tepat dengan profesional yang berkualifikasi dan/atau berlisensi. Juga, hal-hal seperti tampaknya 'kimia' namun sebenarnya masih dari bahan-bahan alami dan bagus untuk semua jenis kulit.