Apa tontonan favorit anjing di televisi?

Para peneliti menyebarkan survei digital kepada pemilik anjing di seluruh dunia dari Maret 2022 hingga Maret 2023.

Ilustrasi anjing di tengah dua anak-anak./Foto Pexels.com

Pernahkah melihat anjing Anda di rumah begitu antusias menonton acara tertentu di televisi bersama keluarga? Memang terdengar konyol. Namun, hal itulah yang diangkat dalam penelitian Freya Mowat, L.K. Donohue, M. Buesing, K.D. Peterson, C. Ersoz, dan L.J. Russell dari Fakultas Kedokteran Hewan di University of Wisconsin-Madison. Riset tersebut terbit di jurnal Applied Animal Behaviour Science (Desember, 2023).

Para peneliti menyebarkan survei digital kepada pemilik anjing di seluruh dunia dari Maret 2022 hingga Maret 2023. Lalu, mengumpulkan demografi, lingkungan rumah, perilaku yang dinilai pemilik, minat konten, dan minat terhadap empat video yang disajikan.

Sebagian besar responden, yakni 1.246 orang atau setara 86%, tinggal di Amerika Serikat. Lainnya, dikutip dari Earth, mencakup Kanada, Inggris, Uni Eropa, dan Australasia—kawasan Oseania yang meliputi Australia, Selandia Baru, dan pulau-pulau di sekitar Samudera Pasifik. Para pemilik diminta melaporkan kebiasaan anjing mereka ketika menonton televisi.

Usia rata-rata anjing empat tahun, 54% ras murni, dan 51% betina. Mowat dkk membandingkan representasi anjing dari kelompok atau ras yang berbeda, dengan perkiraan populasi anjing ras umum.

Dikutip Health Day, survei itu mencakup pertanyaan tentang jenis layar di rumah, bagaimana anjing berinteraksi dengan layar, dan jenis konten yang paling menarik perhatian anjing. Pemiliknya juga diminta menjelaskan bagaimana perilaku anjingnya saat menonton video.