Bahaya toksoplasmosis yang ditularkan kucing

Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan parasit toksoplasma gondii, yang merupakan organisme bersel satu yang sangat kecil.

Ilustrasi kucing penyebar toksoplasmosis./Foto nhudaibnumukhtar/Pixabay.com

Video pengalaman menjalankan umrah di Tanah Suci Makkah yang dibagikan transpuan Jessica Rinrada beberapa waktu lalu, menjadi perbincangan warganet. Saat ibadah, ia mengutarakan keinginannya kembali ke kodrat sebagai laki-laki.

Dalam perbincangan dengan aktor dan pebasket Denny Sumargo di kanal YouTube-nya, Minggu (17/12), Jessica yang bernama asli Bagas mengajak sang ibu. Ibu Jessica lantas bercerita pengalaman hidupnya membesarkan sang anak.

Ia pun mengatakan, saat hamil mengalami penyakit toksoplasmosis. Gara-gara penyakit itu, seorang anaknya meninggal dunia dalam kandungan. Seorang lagi, terlahir cacat dan meninggal di usia 13 tahun.

Toskoplasmosis: Risiko dan penyebabnya

Lantas, apa itu toskoplasmosis? Dikutip dari Verywell Health toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan parasit toksoplasma gondii, yang merupakan organisme bersel satu yang sangat kecil, disebut sebagai protozoa. Seseorang bisa mengidap penyakit ini, terutama karena konsumsi daging yang kurang matang atau paparan feses kucing.