Betapa pentingnya mengungkap sebuah rahasia

“Menahan rahasia bisa menyusahkan, dan sebenarnya, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan psikologis jangka panjang."

Ilustrasi orang yang menyimpan rahasia./Foto Sammy-Sander/Pixabay.com

Seberapa penting mengungkapkan rahasia kepada orang lain? Menurut profesor psikologi di Georgia Gwinett College, David Ludden, seperti dikutip dari Psychology Today, privasi sangat berharga. Namun, orang sering kali mengungkapkannya.

“Ini adalah fakta perilaku manusia yang sulit dijelaskan oleh psikolog,” kata Ludden.

Bagi Ludden, seseorang seharusnya mempertimbangkan dengan hati-hati setiap informasi pribadi, dan hanya mengungkapkannya jika manfaatnya lebih besar dari kerugiannya. Ludden mengatakan, dalam sejarah peradaban manusia, nenek moyang kita hidup dalam kelompok kecil, hanya 100-150 anggota. Semuanya saling mengenal satu sama lain, dan mereka saling terkait.

“Ketika kelangsungan hidup individu bergantung pada koordinasi aktivitas kelompok, kejujuran adalah hal yang penting. Selain itu, ketika Anda menghabiskan seluruh hidup dalam kelompok kecil yang sama, sebenarnya tidak ada rahasia sama sekali,” tulis Ludden.

Namun, kini manusia hidup dalam dunia yang penuh dengan orang asing, kata Ludden. Akibatnya, kita tak pernah tahu dengan pasti, siapa yang bisa kita percaya dan siapa yang hanya ingin memanfaatkan. Maka, sekarang privasi adalah sebuah kebutuhan yang muncul dari dunia modern.