Di balik tingginya angka kasus bunuh diri

Tercatat, ada 971 kasus bunuh diri di Indonesia, dalam periode tersebut. Jawa Tengah sebanyak 356 kasus.

Ilustrasi garis polisi./Foto hunt-er/Pixabay.com

Jawa Tengah menjadi provinsi paling banyak kasus bunuh diri di Indonesia, sepanjang Januari hingga medio Oktober 2023, sebut data Pusat Informasi Kriminal Nasional Kepolisian RI (Pusiknas Polri). Tercatat, ada 971 kasus bunuh diri di Indonesia, dalam periode tersebut. Jawa Tengah sebanyak 356 kasus.

Disusul Jawa Timur sebanyak 184 kasus, Bali 94 kasus, Jawa Barat 60 kasus, dan Yogyakarta 48 kasus. Lalu, Sumatera Utara 41 kasus, Lampung 27 kasus, Sumatera Barat 26 kasus, Bengkulu 22 kasus, dan Sulawesi Utara 18 kasus. Jika ditotal, jumlah kasus bunuh diri ini melampaui angka tahun 2022, yakni 826 kasus.

Ada dua kasus bunuh diri di Jawa Tengah yang menyita perhatian publik, belum lama ini. Pertama, seorang mahasiswi yang diduga melompat dari lantai empat pusat perbelanjaan di Kota Semarang pada Selasa (10/10). Kedua, seorang mahasiswi yang ditemukan meninggal di kamar indekosnya di Tembalang, Semarang pada Rabu (11/10).

Mengapa Jawa Tengah tinggi?

Psikolog Lia Sutisna Latif mengaku tak tahu penyebab Jawa Tengah menjadi provinsi paling banyak kasus bunuh diri. “Ini menarik sih, bisa dijadikan sebagai bahan penelitian berikutnya,” kata Lia kepada Alinea.id, Jumat (10/11).