Lebaran Betawi pada 20-21 Mei di Monas, cek di sini acaranya

Lebaran Betawi cara orang Betawi memaknai silaturahmi usai Idulfitri. Silaturahmi butuh ruang dan waktu, terlebih di Jakarta.

Poster Lebaran Betawi. Foto: twitter.com/DKIJakarta

Lebaran Betawi bakal digelar pada 20-21 Mei 2023, di kawasan Selatan Monas, Jakarta Pusat, dengan mengusung tema ‘Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju’.

Lebaran Betawi tahun ini akan memberikan suguhan spesial yaitu, atraksi Hantaran atau Anteran, yang tak lain merupakan tradisi masyarakat Betawi saat Lebaran.

Ketua Panitia Lebaran Betawi Beky Mardani menjelaskan, Anteran digambarkan lewat kunjungan seorang anak kepada orang tuanya atau orang yang lebih muda kepada yang lebih tua dengan membawa anteran atau gegawan.

“Anteran juga dapat berupa hadiah yang berbentuk makanan khas seperti dodol, geplak, wajik, semur daging dan banyak lagi,” ujar Beky, seperti dilansir dari laman resmi Pemprov DKI yang dibuat Jumat (19/5).

Sejumlah acara menarik menanti pengunjung selama dua hari penyelenggaraan Lebaran Betawi. Mulai dari atraksi bedug hingga penampilan apik Tanjidor, Samrah, dan Gambang Keromong.