Manfaat olahraga secara teratur dan sinkron bersama tim

Olahraga secara berkelompok membawa manfaat lebih besar dibandingkan seorang diri.

Ilustrasi olahraga teratur dan sinkron bersama tim. Pexels

Olahraga secara berkelompok membawa manfaat lebih besar bagi fisik dan mental dibandingkan seorang diri. Jika olahraga tim dilakukan secara kompak dan sinkron, ternyata manfaatnya jauh lebih besar.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan International Journal of Sport and Exercise Psychology, sebagaimana dikutip Healthline, para peneliti merekrut orang untuk berolahraga selama 45 menit pada mesin dayung.

Setelah sesi, orang-orang yang sudah mendayung dalam kelompok–dan menyinkronkan gerakannya–memiliki toleransi rasa sakit yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendayung solo. Toleransi terhadap rasa sakit meningkat, tidak peduli mendayung bersama orang yang sudah dikenal atau yang baru saja tergabung di dalam tim.

Para peneliti berpikir, peningkatan toleransi atas rasa sakit mungkin berasal dari pelepasan endorfin yang lebih besar karena orang-orang saling sinkron saat berolahraga. Hormon ini berfungsi sebagai pereda stres dan penghilang rasa sakit.

Gerakan terkoordinasi semacam ini dikenal sebagai sinkronisasi perilaku. Pun dapat terjadi dalam setiap kegiatan kelompok, seperti bermain, ritual keagamaan, dan tari.